Rabu, 12 Desember 2012

Marepas burung ...


Marepas atau menjerat burung merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat, burung yang biasanya menjadi sasaran adalah jenis burung ayam-ayaman atau kalau dalam bahasa Bailangu disebut burung "ko'er". habitat burung ini adalah di daerah semak-semak sekitar sawah yang cenderung lembab atau berair. Itulah sebabnya burung ini di daerah lain dikenal sebagai burung air.

Bahan atau peralatan yang dibutuhkan untuk membuat "Repas" atau jerat burung ini adalah :
- Tali pancing atau tali nilon
- Ranting atau bila bambu, yang dipotong panjang 10-15 cm, lebar 1 cm untuk pijakan jebakan.
- 1 batang kayu sebagai stick pengikat tali pancing

Untuk memasang "repas" atau jerat ini, pertama-tama harus perhatikan jejak si burung. Jika terdapat jejak, yang cukup banyak berarti area tersebut sering dilalui sang burung, maka ditempat itulah nantinya "repas" dipasang.
Caranya :
  1. Ambil sebatang ranting pohon sebesar jari kelingking, lalu kedua ujungnya di tancapkan ke tanah, sehingga   membentuk setengah lingkaran.
  2. Lalu siapkan potongan ranting sekitar 5 atau 6 potong sepanjang sekitar 15-20cm.
  3. Ikat tali pancing pada sebatang dahan sepanjang 1,5 meter, lalu tancapkan ke tanah kemudian tali ditarik hingga stick melengkung setengah lingkaran (gunanya, agar kayu memiliki daya pegas ketika kaitnya terlepas) lalu tali pancing dikaitkan pada kayu yang ditancapkan ke tanah berbentuk setengah lingkaran.
  4. Ujung tali pancing di ikat simpul longgar, yang nantinya berguna untuk menjerat kaki atau anggota badan sang burung.
  5. Setelah ujung tali di longgarkan dan di ukur lingkarannya sesuai dengan ranting jebakan, maka di ikatkan sepotong ranting sepanjang 5 cm yang berfungsi sebagai pengait pada dahan yang telah ditancapkan ke tanah berbetuk setengah lingkaran tadi.
  6. Lalu di sekitar jebakan di kasih umpan seperti padi atau jenis makanan burung lainnya, dengan tujuan agar sang burung mendekati dan menginjak ranting jebakan.
  7. Maka ketika ranting jebakan terinjak, tali akan tertarik oleh hentakan stick yang ditancapkan ketanah.


"Selamat mencoba"


Tidak ada komentar: