Minggu, 04 Januari 2009

Kenangan Masa Kecil

Kenangan paling lawas yang saya ingat adalah ketika saya masih dalam gendongan kakak kedua saya yang biasa saya panggil Pek Cik, saat itu kalau tidak salah saat hari menjelang sore rumah dikampung terasa ramai karena akan ada perhelatan semacam sunatan massal dirumah kami. Yang seingat saya diikuti oleh 2 kakak saya yakni Kak Izar dan Kak Yon serta kakak sepupu kami Zarluis dan beberapa teman-teman seangkatan mereka kalau tidak salah Muhammad Haji Jamal dan entah siapa lagi. Yang jelas hari itu rumah terasa ramai sekali ada yang senang karena akan disunat namun ada juga aksi kejar-kejaran karena ada yang lari ketakutan karena akan disunat. Saat itu saya kurang tahu umur saya berapa tapi saya perkirakan sekitar 4-5 tahun karena tradisi sunatan biasanya menjelang masuk SD dan saat itu yang akan masuk sekolah adalah Kak Izar jadi saat itu diperkirakan tahun 1975 dimana Kak Izar saat itu berumur sekitar 6 tahun dan saya berumur 4 tahun.
Mainan yang paling saya gemari adalah Layang layang dan permainan kelereng dimana layangan biasanya saya buat sendiri dengan bahan baku yaitu bambu, kertas minyak, lem dari sagu yang dimasak serta benang jahit yang biasanya saya ambil dari mesin jahit milik Ibunda kami. Namun selain permainan tersebut saya juga selalu mengikuti musim permainan yang ada, misalnya musim permainan Catut Karet yaitu taruhan karet gelang. Mobil balap dari bambu yang dibentuk dan diikat bentuk segi tiga dengan roda dari sendal jepit bekas, atau mobil-mobilan dari kayu yang biasanya favorit saya adalah mobil Truk yang kami buat dari bahan papan dengan per dari plat pengikat kotak gula merah serta ban dari sendal jepit bekas. Ataupun sekoci-sekocian yang juga dibuat dan dibentuk dari papan dengan mesin dari seng yang dibentuk menyerupai kipas mesin. Pernah juga saya membentuk semacam grup musik dimana saat itu sedang trennya musik Rock Dangdut Soneta Group, sehingga kami membuat duplikatnya dengan modal 2 buah ember sebagai gendang serta dua buah kaleng bekas biskuit serta bekas tutup drum minyak sebagai Drum.

Tidak ada komentar: